RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
A.
Identitas
1.
Sekolah : ……..
2.
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
3.
Kelas/semester : V/1
4.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
B. Standar Kommpetensi : 1.
Mengapresiasi Karya Seni Rupa
C.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada
batik sederhana
D.
Indikator : 1.1.1 Mengamati beberapa gambar/foto/model
ragam hias batik sederhana
1.2.2 Mengidentifikasi
teknik dan bahan pembuatan batik sederhana
E.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Setelah mengamati gambar/foto/model ragam hias batik
sederhana, siswa mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa batik
sederhana.
2. Setelah melakukan percobaan, siswa
dapat membuat batik sederhana dengan menggunakan teknik yang benar.
F.
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Disiplin ( Discipline )
2.
Tekun ( diligence )
3.
Tanggung jawab ( responsibility )
4.
Ketelitian (carefulness)
5.
Kerja sama (Cooperation)
6.
Percaya diri ( Confidence )
G.
Materi
Jenis
motif hias dan teknik batik sederhana
H.
Metode Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
I.
Kegiatan Belajar
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
b. Salam pembuka
c. Mengabsen siswa
d. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
kepada siswa
f. Memperlihatkan karya seni rupa batik
sederhana melalui gambar/foto/model
2.
Kegiatan Inti
1)
Eksplorasi
a. Siswa mengkaji jenis motif hias pada
karya seni rupa batik sederhana
b. Siswa mengkaji teknik dan bahan
pembuatan karya seni rupa batik sederhana
c. memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya
d. Siswa secara aktif melakukan percobaan
membuat karya seni batik sederhana dengan teknik yang benar
2)
Elaborasi
a. Siswa ditugaskan menyusun laporan
tentang karya seni rupa batik sederhana.
b. Siswa ditugaskan untuk menyajikan
laporan serta hasil karya batik sederhananya di depan kelas untuk mendapatkan
klarifikasi dari guru maupun teman teman sekelasnya.
3)
Konfirmasi
a. Guru memberikan penguatan positif
sesuai denganhasil penyajian siswa di depan kelas.
b. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
lain untuk menanggapi penyajian teman sekelasnya.
c. Guru meluruskan/member komentar
perbaikan sesuai dengan penyajian.
d. Guru memfasilitasi siswa untuk
merefleksi dan merevisi hasil eksplorasinya yang masih salah untuk mendapatkan
suatu konsep atau keterampilan yang benar.
e. Jika masih diperlukan, guru memandu
siswa untuk melakukan ekplorasi lanjutan.
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru bersama siswa meresume hasil
kegiatan belajar yang telah dilakukan.
b. Guru memberikan evaluasi/melakukan
refleksi tentang hasil dan proses pembelajaran yang telah terjadi.
c. Guru memberikan tindak lanjut (berupa
tugas rumah yang terkait dengan materi pelajaran baik berupa pengayaan maupunb
remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM). Memberikan bimbingan khusus bagi
siswa yang dipandang memerlukan.
d. Guru mengakhiri kegiatan dengan
menyampaikan bahan belajar untuk pertemuan berikutnya.
J.
Sumber Belajar dan Media/alat peraga
1. Buku paket SBK
2. Gambar dan foto karya seni rupa
K.
Penilaian
Penilaian
meliputi Proses dan Hasil (instrument terlampir)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar