Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Minggu, 15 Juni 2014

Seputar RPP Kurikulum 2013

Tugas 11

Penyusunan RPP 2013


RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswauntuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Kurikulum 2013 SD melaksanakan pembelajaran Tematik Terpadu dan prosesnya menerapkan pererapan saintifik.
RPP kurikulum 2013 mempunyai beberapa komponen, antara lain : kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, metode pembelajran , evaluasi.
Kompetensi Inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti disusun oleh pusat. Tuntutan RPP 2013 adalah terdapat nilai-nilai agama sehingga siswa mampu menerapkan nilai-nilai keagamaan, misalnya siswa dibiasakan berdoa.
Kompetensi Dasar disusun di pusat, menjadi pedoman kurikulum. Kompetensi Dasar jika diturunkan akan menjadi indikator. Indicator inilah yang akan menjadi bahan untuk merumuskan tujuan pembelajaran.
Contoh Kompetensi Dasar adalah
·         Merasakan → syukur
·         Menunjukkan → berkarya
·         Menunjukkan rasa ingin tahu → bertanya-jawab
·         Mengenal pola
Indikator  merupakan sesuatu yang  dapat dikerjakan, bisa diukur dan bersifat operasional. Indikator dikembangkan sesuai dengan karektaristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi derah. Indikator dapat dirubah disesuaikan dengan kondisi siswa, disesuaikan dengan rencana guru, disesuaikan dengan keperluan.  Dalam indikator harus ada tiga komponen yang dikenal dengan Taksonomi Bloom, yaitu
·         Kognisi (pengetahuan)
·         Afeksi (sikap)
·         Psikomotorik ( keterampilan)
Indikator biasanya berisi kata kerja, contohnya:
1.      Menyatakan rasa syukur
2.      Membuat karya lipatan sederhana
3.      Menanyakan suatu yang tidak dimengerti
4.      Membuat gambar dengan menggunakan teknik lipatan
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,dan keterampilan.
Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran, digunakan oleh peserta didik untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan peserta didik dan KD akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar