Penyusunan RPP 2013
RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk
satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi
pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan
pembelajaran siswa dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun
RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswauntuk
berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik
serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang
dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Kurikulum 2013 SD
melaksanakan pembelajaran Tematik Terpadu dan prosesnya menerapkan pererapan
saintifik.
RPP kurikulum 2013 mempunyai beberapa komponen, antara lain :
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, metode
pembelajran , evaluasi.
Kompetensi Inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai
kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus
dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Kompetensi Inti disusun oleh pusat. Tuntutan RPP 2013 adalah terdapat
nilai-nilai agama sehingga siswa mampu menerapkan nilai-nilai keagamaan,
misalnya siswa dibiasakan berdoa.
Kompetensi Dasar disusun di pusat, menjadi pedoman kurikulum.
Kompetensi Dasar jika diturunkan akan menjadi indikator. Indicator inilah yang
akan menjadi bahan untuk merumuskan tujuan pembelajaran.
Contoh
Kompetensi Dasar adalah
·
Merasakan → syukur
·
Menunjukkan → berkarya
·
Menunjukkan rasa ingin tahu → bertanya-jawab
·
Mengenal pola
Indikator merupakan
sesuatu yang dapat dikerjakan, bisa
diukur dan bersifat operasional. Indikator dikembangkan sesuai dengan
karektaristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi derah. Indikator dapat
dirubah disesuaikan dengan kondisi siswa, disesuaikan dengan rencana guru,
disesuaikan dengan keperluan. Dalam indikator
harus ada tiga komponen yang dikenal dengan Taksonomi Bloom, yaitu
·
Kognisi (pengetahuan)
·
Afeksi (sikap)
·
Psikomotorik ( keterampilan)
Indikator
biasanya berisi kata kerja, contohnya:
1. Menyatakan
rasa syukur
2. Membuat
karya lipatan sederhana
3. Menanyakan
suatu yang tidak dimengerti
4. Membuat
gambar dengan menggunakan teknik lipatan
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan
menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup
sikap, pengetahuan,dan keterampilan.
Metode pembelajaran
merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran, digunakan oleh peserta didik
untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran agar peserta didik
mencapai KD yang disesuaikan dengan peserta didik dan KD akan tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar